Tuesday, April 03, 2007

Merangkak

Tadi waktu istirahat ummi bawa raihan ke posyandu... disana cuman nimbang berat badan aja terus pulang. Raihan sekarang beratnya 10 kg... jadi 3 minggu ini cuman naik 2 ons aja.. tumben naiknya cuman sak uprit. Tapi gpplah.. yang penting naik aja ngga turun & tetep sehat tentunya..

Emang raihan makin aktif aja jadi mungkin susah naik BB-nya. Hobi barunya naik2 bantal/ guling. Apa pun yang menghalangi tujuannya pasti akan dilewati meski harus berjuang abis2an. Bahkan abinya kemarin sempet diloncati.. meski kejungkel teteup raihan ketawa2.. untung di kasur jadi gpp..

Menjelang umur 9 bulan raihan baru mulai bisa merangkak. Tadi pagi raihan menunjukkan keahlian barunya "merangkak" . Tadi ummi lagi mandi.. kaget di ruang tengah Tante Tuty & Mba Mut heboh banget.. ternyata mereka ngasih semangat raihan yang belajar merangkak. Sayang banget ummi ngga ngelihat sendiri pertama kalinya raihan merangkak. Waktu disuruh ngerangkak lagi Raihan juga dah ngga mau. Raihan lebih suka merayap seperti cicak2 di dinding seperti biasanya lagi.. meski cuman merayap tapi cepet banget loh..! :D

Alhamdulillah klo ada kemajuan.. sebelumnya ummi sempet khawatir kok raihan hampir 9 bulan belum merangkak2 juga. Padahal Raihan dah kuat "ngonggong2" lama & kadang juga udah bisa kayak 1/2 berdiri gitu.. duduk dengan tumpuan dengkulnya sambil pegangan. Akhirnya ummi cari aja referensi di internet.. menurut artikel2 yang ummi baca.. katanya ngga perlu khawatir karena perkembangan anak itu beda2.

Oiya.. semalem raihan hampir glundung dari tempat tidur.. Untung ummi terbangun ketika ngerasa ada yang bergerak2 di atas kepala ummi. Ummi bener2 kaget tau raihan kok posisinya dah di pinggir gitu... Asli deg2an banget..! Tau deh.. knp bocah gantengnya ummi ini hobi banget nyungsep kemana2 klo tidur. Ummi harus lebih hati2 lagi klo bobok bareng raihan. Raihan seprtinya ga jauh beda sama umminya klo bobok petakilan kemana2 :D

Ada kabar tentang raihan lagi.. hari ini terulang lagi Raihan susah banget BAB. Ummi jadi binun harus gmn.. tiap hari ummi suka bikinin jus pepaya & sayur jg dikasih.. kok teteup susah BAB... ada yang bilang mungkin kebanyakan maem makanan yang berserat.. apa bener mungkin bgitu?? Sekarang raihan klo susah BAB emang ga nangis2 lagi tapi kok tampangnya malah jadi lemes gitu. Klo lagi BAB raihan cuman diem aja, raihan suka posisi tengkurap kepalanya ditaruh bantal sambil ngeden. Ummi godain juga cuman diem aja gak ada reaksi. Baru setelah hajatnya usai raihan kembali ceria :D

7 komentar:

  1. Wah Raihan dah mulai merangkak yak pinter deh bentar lagi jalan timik2 ya nang ya trus terakhir jalan deh
    Jeng klo BAB nya keik gitu konsultasi ke dokter aja sapa tahu susunya bosen gitu keik Arya dl juga gitu tapi arya versinya lain "Muntah2 gitu n BABnya encer banget"

    ReplyDelete
  2. Wah bun..dulu Alya juga mengalami seperti itu, dari usia 3 bulan - hampir 1 tahun. Gak kontinu sih...tp tetep bikin stress berat buat aku. Kalau udah mulai sering lebih baik konsul ama DSA yang spesialis gizi anak aja bun (ini berdasarkan pengalaman temenku)...soalnya kalo dibiarin terus-terusan, takutnya secara psikologis si anak jadi takut BAB (karena setiap mau BAB sakit) dan lama lama malah sembelit dan akhirnya wasir. Sorry bukan nakut-nakutin, anaknya temen deketku juga mengalami hal yang sama sejak kecil, sayangnya mamanya terlambat menyadari, akhirnya malah tumbuh benjolan di anus dan mesti operasi.
    Dan masalah utamanya adalah ternyata si anak penyerapan tubuh terhadap gulanya terlalu rendah akibatnya pupnya jadi keras, setelah treatment ke DSA speasialis gizi, akhirnya berhasil dan sekarang udah normal. Just sharing aja bun. Oya sbg tambahan, kalo ngasih pepaya, jangan pepaya bangkok (besar) tp cari pepaya burung (yang lebih kecil, warnanyakuning , lembek dan aroma pepayanya agak keras).

    Kalau Alya, sebelum sempet kubawa ke DSA rujukan temenku itu, untungnya aku segera mengenali penyebabnya. Betul ada anak yang kalo kelebihan serat pupnya malah keras (berlebihan lho ya.....), nah anakku salah satunya, sejak itu aku kasih sayuran sewajarnya aja dan Alya sewaktu umur dibawah 1 th gak bisa kalo dikasih kacang-kacangan di bubur saringnya (kc. polong, buncis = akhirnya gak aku kasih sama sekali). Trus hati -hati dengan susu yang terlalu banyak mengandung Zat besi, susu formula sekarang banyak diperkaya dengan zat besi, itu juga bikin pup keras. Karena keukeh gak mau ganti susu, akhirnya aku encerin susunya....trus banyakin minum air putih juga. Semoga bermanfaat ya.. Ini just sharing pengalaman pribadiku.

    ReplyDelete
  3. <a href="http://pusatobatdenature.blogspot.com/2015/01/cara-ampuh-menghilangkan-kuti-kelamin.html>obat alat kelamin keluar nanah</a>

    ReplyDelete