Friday, March 16, 2007

Susah BAB

Kemarin, sepulang kantor ummi mriksain raihan ke dokter. Sore itu ummi dapet laporan dari Mba Mut klo Raihan nangis2 trs karena susah BAB. Udah 3 hari raihan susah BAB. Ummi juga sempet lihat sendiri sekali..nangisnya sedih bgt...

Ummi konsultasi ke Budhe Nur, katanya raihan harus dikasih banyak sayur & buah pepaya/jeruk.. trs klo BABnya masih susah juga ummi disuruh beli microlak dimasukin ke anus. Tapi ummi teh takut ngasih obat sendiri tanpa resep dokter. Akhirnya ummi bawa aja raihan ke RS Al Islam, kebetulan kemarin yang praktek dr wedi langganan raihan klo sakit & imunisasi. Biasanya klo sama dr wedi itu raihan cocok.

Alhamdulillah menurut dokter..raihan baik2 aja... raihan susah BAB karena lagi dalam proses penyesuaian dengan makanannya. Ummi disaranin untuk memperlambat pemberian maemnya dulu dengan cara ngasih maemnya masih bubur yang encer2 aja dulu & juga perlu dikasih air putih. Ternyata air putih penting juga tho buat baby??

Emang ini sepertinya kesalahan ummi, udah semingguan ini ummi nyoba kasih raihan bubur yang agak lebih kental dibanding biasanya. Mungkin perubahannya terlalu cepat.. perut raihan kaget kali ya?

Karena menurut dokter kondisi raihan sehat2 aja, kmudian ummi ganti konsultasi soal imunisasi. Ternyata raihan telad imun hepatitis B3... kmudian raihan "dijus..jusss.." sama pak dokter.. :D Waktu disuntik sih raihan cuman "ah eh.." aja.. tapi bgitu jarum suntik dicabut raihan "oek-oek" juga. Raihan mah anak kuat & ngga cengeng.. jadi bgitu selesai... tangisannya pun langsung berhenti juga. Malah langsung bisa senyam-senyum sama pengasuhnya :D

Setelah selesai imunisasi, kami mampir dulu ke superindo beli sayur & buah... trs pulang sampe rumah dah jam 1/2 9 malem... teler deh ummi... Pundak sakit semua abis gendong raihan dari jam 5 sore... apalagi sekarang raihan dah makin berat aja. Kemarin ditimbang berat raihan 9,8 kg & panjangnya ummi ukur dah 74 cm.

Oiya, setelah perutnya disentuh dokter.. raihan sampai rumah langsung BAB dengan lancarnya. Heran.., cuman disentuh loh... belum minum obatnya.. Kangen sama pak dokter kali? :D karena BABnya dah lancar ummi ngga jadi ngasih obatnya. Alhamdulillah.. hari ini BAB raihan juga dah lancar lagi & tentu dah ngga "oek-oek" lagi.

5 komentar:

  1. dibuatin juice pepaya aja ummi buat Raihan....moga cepet lancar lagi ya sayang BABnya jd ikut sedih dech klo denger cerita si kecil kita susah BAB...dulu ponakan tante juga susah BAB ...alhamdulillah setelah sering dikasih juice pepaya lancar lagi

    ReplyDelete
  2. cepet sembuh ya nak, abi tau raihan anaknya kuat. Alhamdulillah raihan sudah baikan ya nak.
    sini abi peluk !!

    abi raihan

    ReplyDelete
  3. mamakintan12:35 PM

    Iya bener, jus pepaya sama banyak air putih Mi...

    Semua bayi pernah ngalami kok, Kintan juga, cuman obat yang dimasukin di anus itu kalo kata milis Sehat nggak recommend, gitu... :)

    ReplyDelete
  4. shazma3:01 PM

    klo Raihan minum sus formula diencerin dikit ummi, banyak minum air putih, dan coba dech perutnya dipijat I love U (pijanatna diperut dengan mengikuti huruf2 I-L-O-V-E-Y-O-U) untuk shazma sejak baby selalu manjur, Insyaallah bisa dicoba buat Raihan, apalagi ummi yang sentuh kan beda sentuhan ibu yg penting skrg Raihan sehatkan..sippp!!! yuk main ama Shazma..;-D

    ReplyDelete