Friday, December 14, 2007

Rowo Jombor

Ummi abis browsing nyari2 "Klaten" akhirnya nyasar ke sini. Hmmm.. jadi makin kangen pengen cepet pulkam. Ummi juga nemuin foto2 Rowo Jombor yang mengingatkan ummi sama masa kecil ummi.

Dulu waktu masih kecil, klo bakdo ketupat pasti nagih Bapak & ibu jalan2 ke rowo jombor. Di sana tujuannya mo lihat kemidi putar hehehe.. Cuman lihat doang, gak suka naiknya... Selain itu beli arum manis sama martabak telor.

Trus beli mainan.. yah paling mainan jaman dulu "othok-othok" itu loh.. kaleng susu yg dikasih pegangan kayu ntar cara njalaninnya didorong & bunyi.."tok..otok..otok..." hahaha... Klo ngga ya beli kapal2an yg bisa jalan di atas air cara ngidupinnya dikasih kapas sama minyak terus disulet api. Dibeliin kayak gitu aja dah suenengnya minta ampyun..

Biasanya klo sampe di rowo jombor tujuan utamanya ngelihat bulus jimbung yang terkenal legendanya itu... Seneng banget klo bisa lihat bulusnya yg guede itu.. Ini neh penampakan foto sendang jimbung..(*dapet dari sini*)


(foto sendang jimbung)

Mo tau tentang Legenda Bulus Jimbung? Begini neh ceritanya...

"Sendang Bulus Jimbung dihuni Kyai dan Nyai Poleng, yang pada waktu itu Kyai Poleng dan Nyai Poleng adalah abdi dari Dewi Mahdi yang kemudian disabda menjadi bulus lalu Pangeran jimbung menancapkan tongkatnya dan terjadilah sendang yang namanya Sendang Bulus Jimbung.

Karena tempat berdiamnya bulus Kyai Poleng dan Nyai Remeng, menurut cerita barang siapa dating ke Sendang Bulus Jimbung untuk meminta kekayaan, bila permohonannya terkabul badannya akan menjadi Poleng seperti Bulus Jimbung.(diambil dari
sini)"


Mmmm.. sebenarnya klo ke Jimbung itu.. paling asyik kayaknya "getekan" di rowonya. Hehehehe.. sampe skrg ummi malah belom pernah nyoba karena ga pernah diizinin ibu & bapak.. paling nglihatin aja dari jauh dah puas... Sekarang rowonya lebih asyik lagi karena ada warung apungnya. Di sana kita bisa menikmati olahan berbagai macam ikan bisa bakar/ goreng dengan harga yg murah meriah.

(penampakan warung apung)



Oiya.. sebenarnya ummi penasaran di atas bukit kapur yg ada di deket rowo itu ada apanya.. Karena klo ummi perhatiin orang2 suka naik sampe ke atas bukit.. Ummi sendiri belom pernah naik ke atas.. Bapak & ibu dulu selalu nolak klo diajak naik ke atas.. katanya cape & panas aja.. trus jg gak ada apa2.. adanya cuman org jualan aja. Klo dah gitu trs dibeliin arum manis diem deh pulang dengan gembira..

Bgitulah sekilas cerita masa kecilnya ummi yg dari ndeso klaten ini.. Ngga ada yg seru.. semua serba wagu hehehe... tapi terus tersimpan indah jadi kenangan yg manis..:)

0 komentar:

Post a Comment