Saturday, December 01, 2012

Kakak Sakit Gondongan

Hari Rabu pagi bangun tidur Kakak ngeluh "Mi, Kakak agak pusing... sini Kakak sakit..." sambil megang leher atas deket telinga. Ummi pegang pegang dahinya "Kakak ngga panas kok.. tetep sekolah aja yah? Nanti sepulang sekolah langsung istirahat..ngga main2 sepedah dl... pasti cepat sembuh... maemnya yg banyak dan minum air putih yg banyak juga..." Ummi kira itu cuma pertanda mau radang, batuk pilek makanya karena cuma anget biasa aja ummi tetap minta Kakak masuk sekolah.

Entah knapa siang itu di kantor, ummi merasa gelisah ada, rasanya deg2an seperti ada sesuatu yg terjadi. Mungkin ini yang namanya perasaan seorang ibu. Ternyata sepulang kantor Ummi mendapati Kakak menggigil demam tinggi sampai mengigau. Ummi peluk Kakak yang tiduran di ruang tengah lagi dipijit2 kepalanya sama Bibi. Kata Bibi "Neng, tadi Kakak pulang dari sekolah badannya langsung menggigil lemes banget. Tadi udah Bibi kasih madu..." Ohhh...pantesan hati Ummi ngerasa ngga enak banget...

Khawatir dengan panasnya yang tinggi itu, Ummi pun langsung cari obat penurun panas ke apotik. Alhamdulillah, malemnya panasnya reda dan mau maem meski cuma sedikit. Kakak ganti ngeluh "Mi, Kakak ngga bisa nelen.. sakit buat nelen..." Kemudian Ummi kasih minum air putih "Coba kakak minum banyak air putih yah.. mungkin Kakak mau batuk, jadi mesti banyak2 minum air putih biar ngga jadi sakit ya sayang..."

Malem Ummi cek panasnya sudah normal, boboknya pun juga nyenyak. Keesokan paginya ummi tanya "Kakak masih pusing atau merasa sakit ngga sayang?" Kakak yang kelihatan sudah segar bilang "Ngga,mi.. tapi sini masih sakit banget..." tetap sambil pegang daerah leher atas deket telinga seperti kemarin pagi. "Ya sudah klo masih sakit Kakak istirahat dulu di rumah, Minggu depan sudah UAS jadi mesti banyak istirahat biar Kakak cepat sehat ya... !" kata ummi. "Iya mi...Kakak ngga boleh main sepedah dulu ya?" tanya Kakak. "Ngga atuh...klo sakit istirahat dl biar badan cepet pulih lagi..oke! Di rumah Kakak baca2 buku atau belajar buat persiapan ujian ya... Nanti malem kita ke dokter.." nasehat ummi. "Iya mi..." jawab Kakak.

Tapi ternyata malemnya mau ke dokter kok ternyata hujan aja, batal sudah rencananya. Jumat pagi ketika melihat kondisi leher Kakak yang dua2nya jadi bengkak Ummi pun langsung minta abi nganter Kakak ke dokter. Begitu diperiksa dokter bilang "Kakak ini sakit gondongan,Bu... nanti dikasih antibiotik aja biar cepat sembuh..." Ummi jadi mlongo, ternyata masih ada tho sakit gondongan "Klo sakit gondongan itu penyebabnya apa,dok? tanya ummi. "Penyebabnya karena virus... ini resepnya nanti dikasih 2x sehari... smoga cepat sembuh yaaa...." begitu jawaban dokter anteng itu sambil menyodorkan resep. Emang dokter ini agak susah dipakai buat konsultasi hihihi...

Sesampai kantor, langsung deh ummi cari informasi tentang penyakit gondongan itu. Gondongan (Mumps, Parotitis Epidemika) adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjar liur disertai nyeri, penyebabnya dikarenakan kekurangan iodium. Di sini  klo ada temans yg ingin mengetahui  lebih jauh informasi ttg penyakit gondongan ini.

Smoga penyakit ini ngga menular ke adek, klo ummi sih dulu waktu kecil juga sudah penah gondongan. Katanya klo sudah kena sekali, selanjutnya kebal akan penyakit itu.

Oiya, selain diobati pakai obat dari dokter, Ummi juga mau mencoba mengobati pakai obat tradisional. Konon ramuan ini bisa membantu menyembuhkan pembengkakan yang terjadi karena gondongan. Seperti ini niy resepnya "Ambil setengah genggam daun belimbing wuluh dan tumbuk bersama dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagian yang gondongan." Ummi dapat resepnya dari sini, sesuatuuuu banget..... ternyata klo baca dari web tsb.. daun2an di sekitar kita itu buanyak banget manfaatnya... baru tau saya... :D

Sekarang kakak masih susah menelan makanan, jadi setiap pagi ummi bikin bubur. Alhamdulillah Kakak lahap maemnya. Dan karena pengen cepat sembuh Kakak jadi mengikuti anjuran ummi, mau maem sayuran lagi seperti dulu.

Smoga Kakak cepat sembuh ya,nak... Senin sudah UAS mesti semangat biar cepet sehat dan bisa belajar dengan enak... bisa mengerjakan soal2 ujian dengan lancar dan tepat jawabannya... aamiin...

Ummi sayang Kakak... ;)

7 komentar:

  1. anak2 sy blm pernah kena gondongan.. tp wkt TK pernah beberapa anak tertular gondongan ini.. Dan karena jumlanya terus bertambah akhirnya sekolah anak2 sy sempet di liburin 2 minggu utk mensterilkan keadaan..

    Semoga kakak cpt sembuh ya

    ReplyDelete
  2. Ayo kakak, semangat, cepet sehat ya ...

    Dokter mana tuh yang gak bisa diajak konsultasi ? Dokter di RS yg sebelah situ apa bukan ? heheh..

    ReplyDelete
  3. itu menular ya mbak, waktu kepnakankku kena ortunua ketularan juga

    ReplyDelete
  4. @Mba Myra : alhamdulillah... kmrn sembuhnya lumayan cepet... selain minum antibiotik jg sy kasih sari kurma...

    @Mba Dey : hihihi....DSA di kimia farma bubat..dia mah mood2an mba...kadang enak..kadang bete mulu tampangnya...:D

    @Mba Lidya : iya katanya mmg nular... makanya kmrn agak hati2 dan menjauhkan si adek dr kk-nya... :)

    ReplyDelete
  5. aduh.. anak saya umur 3 tahun kena gondongan, apa obatnya yg paling ampuh ya? ga tega liat anak kesakitan.

    ReplyDelete
  6. Bu saya kena gondongan, umur saya 23 th. Itu berapa hari bisa kempes ya? Saya udah periksa dokter 2 hari yg lalu dikasih antibiotik, tapi kok belum sda tanda2 kempes bengkaknya.. mohon pencerahannya

    ReplyDelete