Tuesday, December 11, 2012

Bismillah...

Ada sedikit cerita yang selalu terjadi di dapurnya Presiden Pizza alias dapur saya. Cerita apakah itu? Hehehe... kayaknya sebelum bercerita saya mesti banyak2 mengucapkan puji syukur atas karunia Allah yg sungguh luar biasa ini... Alhamdulillah... terimakasih ya Allah.... :)

Saya ingin cerita tentang kebiasaan suami saya. Sebelumnya dia jarang2 bahkan boleh dibilang ga pernah terjun ke dapur. Alhamdulillah semenjak kami jualan beliau selalu aktif membantu saya. Jadi kami banyak kerjasama di dapur. Bahkan sekarang beliaulah yang pegang peran penting dlm proses pembuatan roti pizza.

Dan yang menarik... suami saya yg lugu dan sederhana itu tuh... punya kebiasaan yg luar biasa.. subhanallah.... sungguh patut untuk saya tiru. Awalnya sih... saya anggap sesuatu yang biasa.. ternyata beliau beda... makanya saya jadi memperhatikan kebiasaan positifnya itu.

Kebiasaan apakah gerangan coba? :D

Suami saya hampir di setiap proses memasak.. selalu memulainya dengan mengucapkan "Bismillah..." Sebenernya sesuatu yang biasa yah? Trs kenapa jd kelihatan luar biasa? Itu karena hampir di setiap proses yang dilewati beliau selalu membaca Bismillah...

Misalkan dalam proses pembuatan roti... sebelum mulai menimbang2 bahan Bismillah diucapkan.. kemudian mulai menghidupkan mixer baca Bismillah tak ketinggalan... setelah itu begitu mulai membentuk adonan selalu diawali dengan Bismillah juga... dan mulai menghidupkan kompor tak ketinggalan Bismillah diucapkan... begitu proses pengovenan roti Bismillah tak pernah terlupakan....

Sungguh bagi saya itu sesuatu yang beda... karena klo saya mengucap Bismillah paling sekali aja begitu awal memulainya... selebihnya bablas aja... padahal suami sering mengingatkan... "Mi, tiap memulai suatu kerjaan sekecil apapun biasakan mengucap Bismillah... biar semuanya lancar dan berkah..." Dan seorang istri ndableg ala saya yg sering teledor malah bilang "Iya udah tadi di awal..." 

Saya pun jadi penasaran akan manfaat mengucapkan Bismillah di setiap mau memulai pekerjaan. Alhamdulillah saya dapat sekilas informasinya dari blog ini , kurang lebih ada 4 manfaat mengucapkan Bismilllah sebelum beraktivitas yaitu :

1. Terjaga dari Setan 
Rasulullah bersabda:
“Apabila seorang masuk ke rumahnya dan mengingat Allah (berdzikir) ketika masuknya dan ketika makan, maka setan berkata: “Tidak ada tempat istirahat dan makan malam untuk kalian.” Dan apabila ia masuk dan tidak mengingat Allah ketika masuk, maka setan berkata: “Kalian telah mendapatkan tempat istirahat.” Dan apabila ia tidak mengingat Allah ketika makan, maka ia berkata:”Kalian mendapatkan tempat istirahat dan makan malam”.
Imam Nawawi berkata, “Dengan demikian, disunnahkan untuk mengingat Allah ketika masuk rumah dan makan.”

2. Menyempurnakan Barakah 
Dengan bismillah akan dapat menyempurnakan keberkahan pada amal, Rasulullah bersabda,
“Setiap perkara yang tidak dimulai dengan bismillah (dalam riwayat lain: dengan mengingat Allah), maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahan-Nya.”    

3. Dilindungi Allah dari gangguan Jin 
Dan sabdanya, “Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, ialah dengan membaca Bismillah.”   

4. Pengalaman Nyata 
Ketika Khalid bin Walid tertimpa kebimbangan, mereka berkata kepadanya, “Berhati-hatilah dengan racun, jangan sampai orang asing memberikan minum padamu,” maka ia berkata, “berikanlah kepadaku,” dan ia pun mengambil dengan tangannya dan membaca: “Bismillah,” lalu ia meminumnya. Maka sedikitpun tidak memberikan bahaya kepadanya.  

Ternyata luar biasa manfaat mengucapkan "Bismillah" sebelum melakukan segala aktivitas....  

Beruntung suami saya orangnya cukup sabar.. jadi beliau ngga pernah bosan-bosannya mengingatkan saya. InsyaAllah, selanjutnya saya akan selalu mengingat pesannya untuk memulai semua kegiatan/pekerjaan sekecil apapun itu dengan mengucapkan "Bismillah..."

Dan sekarang jadi sering terngiang2 di telinga saya suaranya klo lg mengingatkan "Baca Bismillah dulu,Mi...!" setiap kali saya mulai kutrek2 di dapur dengan gaya cuek...

Makasih ya,bi... sudah banyak mengingatkanku....
Makasih juga sudah mau jadi partner yang luar biasa baiknya untukku...
Maafkan istrimu yang kurang sabaran dan banyak ngomelnya ini...
Sungguh aku ingin seperti Abi, diam tapi banyak beraksi...:D
Doain yah...! ;)

16 komentar:

  1. Alhamdulillah yaah :D

    ReplyDelete
  2. Allhamdulillah sudah diingatkan melalui postingan ini

    ReplyDelete
  3. deu, makin romantis didapur juga dong ya .. :). Alhamdulillah ...

    ReplyDelete
  4. amin, smoga lancar car seperti alir ngalir terus ...:D

    ReplyDelete
  5. @teman2 : alhamdulillah..makasih supportnya yah..;)

    ReplyDelete
  6. iya bu dan benar...apalagi jika dalam pengamalannya juga dipahamkan dengan belajar lebih mendalam lagi...memaknai dengan khusyu. maka ucapan sama tapi berkahnya berbeda.

    ReplyDelete
  7. wah..., hasilnya jadi penuh berkah ya....
    bagus sekali, bismillah.... di setiap pekerjaan, bukan hanya di awal saja.

    ReplyDelete
  8. semoga lancar ya sobb !!

    ReplyDelete