Subscribe:

Tuesday, August 09, 2005

Ikan Teri Cegah Osteoporosis

Setelah baca artikel ini...jadi makin sukak dech sama ikan teri..
Dibikin oseng sama cabe ijo... sedap.. digoreng pakai telor...gurih...
Digoreng pakai tepung aja...juga lezaaattt....Mmmm....mau dunk...!! :D
Coba yach..mari kita simak bersama artikel dibawah ini, smoga bermanfaat ;-)

Salam


Banyak sekali iklan yang mengatakan perlunya minum susu berkalsium Untuk mencegah osteoporosis. Pendapat itu tidak sepenuhnya benar, karena jikaterlalu banyak mengkonsumsi susu berkalsium akan mempengaruhipembentukan batu ginjal. Karena, untuk memenuhi kebutuhan kalsium darisusu, minimal setiap hari harus minum susu sebanyak 16 gelas. Konsumsisusu sebanyak itu jelas tidak mungkin dilakukan. Lalu apa yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium dan posfor?Salah satunya yang dianjurkan adalah mengonsumsi ikan teri,sayur-sayuran, dan buah-buahan setiap hari untuk mencegah keropos tulang (osteoporosis) di masa tua.

Menurut Hendradi, untuk mencegah osteoporosis setiap orang memerlukankalsium sebanyak 1 gram per hari. Kebutuhan kalsium tersebut bisadiperoleh dari ikan teri yang banyak terdapat di wilayah Indonesia. Ikan teri ternyata merupakan salah satu sumber kalsium terbaik untukmencegah pengeroposan tulang.

Ia juga mengatakan, ikan teri merupakan sumber kalsium yang tahan dantidak mudah larut dalam air.

Sementara dr Endang Darmoutomo MD MS, ahli gizi juga dari RS Siloamkepada Pembaruan mengatakan, yang terbaik dari ikan teri sebagai sumberkalsium adalah tulangnya. Jadi bukan hanya dagingnya. Tulang ikan teriempuk dan enak dimakan.

Lubis (1987) mengatakan ikan sebagai bahan pangan mempunyai nilai giziyang tinggi dengan kandungan mineral, vitamin, lemak tak jenuh danprotein yang tersusun dalam asam-asam amino esensial yang dibutuhkanuntuk pertumbuhan tubuh dan kecerdasan manusia.

Jadi tidak perlu minum segelas susu setiap 1.5 jam, dengan resikoterbentuknya batu ginjal untuk mencegah osteoporosis. Ikan teri yangberlimpah di Indonesia ternyata mengandung kalsium dan posfor terbaik,karena kedua zat tersebut terikat pada protein dan dapat mencegahpembentukan batu ginjal.




2 komentar:

  1. Anonymous10:47 AM

    Peter Jennings, 1938-2005
    The latest chatter in cyberspace. Peter Jennings, 1938-2005 By David Wallace-Wells Posted Monday, Aug.
    Apprecaite your thoughts. check my site at
    american novelty gift
    about american novelty gift or american novelty gift.

    ReplyDelete
  2. Anonymous11:47 PM

    info yang sangat bermanfaat...
    NB
    Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

    ReplyDelete